7 penemuan paling berguna yang berawal dari kesalahan

In Pengetahuan by Jimmy ChandraLeave a Comment

Mungkin sebelum Thomas alva edison menciptakan temuan lampu pijar pada tahun 1879 kita masih belum bisa semaju sekarang, karena dari situlah untuk pertama kalinya umat manusia berhasil melawan kegelapan, kemudian juga ada micheal faraday yang berhasil menemukan listrik dari kumpulan tumpukan volta, serta penemu-penemu lainnya yang berhasil membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah berkat teknologi yang mereka buat.

Dari sekian banyaknya temuan teknologi yang penciptaannya menggunakan perencanaan dan ilmu pengetahuan, ternyata ada juga teknologi yang ditemukan dari sebuah kesalahan alias tidak sengaja, yang malahan sekarang ini sering banget kita gunakan. Nah pada ulasan kali ini admin akan membahas penemuan-penemuan paling berguna yang berawal dari kesalahan, yang mungkinsalah satunya anda gunakan sehari-hari.

7 penemuan paling berguna yang berawal dari kesalahan

1 ) Microwave

Microwave adalah alat elektronik dapur yang tujuannya untuk memanaskan makanan, bentuknya kotak dan dapat mengeluarkan panas dari pancaran gelombang mikro yang terisolasi di bagian dalam. Dan tahukah anda alat ini ditemukan secara tidak oleh seorang angkatan laut bernama Percy Spencer.

Berkat keisengannya yang mencoba membuat alat pembeku cokelatnya yang telah meleleh, Spencer justru merubah gelombang mikro menjadi panas, yang justru membuat coklatnya semakin meleleh. Walaupun ia gagal dengan tujuannya untuk membekukan cokelatnya, tetapi ia justru menemukan alat bernama microwave yang berfungsi sebagai pemanggang dan pemanas makanan yang sehari-hari banyak digunakan.

2 ) Superglue

Cairan perekat dari bahan sitentik yang sering kita gunakan untuk menempelkan benda seperti plastik yakni super glue ditemukan secara tidak sengaja, oleh seorang peneliti bernama Harry Coover. Harry coover yang bekerja di kodak laboratories sedang mengembangkan pengeker senapan berbahan plastik, namun produk tersebut dinilainya tidak baik atau gagal, dan justru beberapa tahun kedepan produk gagalnya ini dikembangkan sebagai alat perekat sitentis.

3 ) Anestesi

Anestesi sering dugunakan untuk kebutuhan medis. anestesi sendiri adalah obat bius yang digunakan oleh para dokter untuk membuat pasiennya tidak sadarkan diri, guna menghindari rasa sakit yang mereka terima saat proses operasi.

obat ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Crawford Long, Wiliam Morton, dan Charles Jackson, yang awalnya ketiga peneliti ini sedang meneliti efek anestetik dari berbagai obat seperti nitrous oxideatau gas tertawa. dan karena sering salah digunakan akhirnya mereka mencoba membuat sistem anestesi dari berbagai bahan senyawa yang salah satunya adalah nitrous oxide atau gas tertawa.

4 ) Rontgen 

Penemuan paling berguna yang berawal dari kesalahan Masih dalam dunia medis. Pastinya anda juga tidak menyangka bahwa teknologi rontgen terciptanya dari sebuah kesalahan dan ketidak sengajaan dari peneliti bernama Wilhelm Roentgen pada tahun 1895. Awalnya ia sedang melakukan eksperimen dengan  sinar katoda, dan mulai tersadar bahwa seluruh kardus yang ada di ruangan tersebut tersinari oleh sinar katoda, padahal ada blok tebal yang menghalanginya.

Dan saat ini digunakan untuk mendiagnosa masalah kesehatan dan yang lainnya untuk pemantauan kondisi kesehatan yang ada. Terdapat berbagai jenis rontgen, masing-masing dengan kegunaan yang spesifik.

5 ) Plastik 

DItahun 1900’an plastik ditemukan oleh seorang ahli kimia Leo hendrick baekland yang sedang mencari bahan aternatif dari shellac. Setalah memutar otak akhirnya ia menemukan sebuah bajan yang dapat dipanaskan dan diubah menjadi cair tanpa terdistorsi, namun hasilnya tidak seperti yang dia harapkan dan malah berbentuk sebuah benda yang saat ini kita sebut plastik.

6 ) Stainless steel

Awalnya seorang ahli metalurgi asal inggris bernama Harry Brearly ingin mengembangkan senapan laras panjang yang anti karat, namun temuan metalnya ini ternyata kurang cocok apabila di aplikasikan untuk senapan. Dan karena kegagalannya tersebut bahan yang ia temukan lebh banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seper garpu, sendok, gelas dan lainnya yang sekarang kita sebut sebagai stainless steel.

7 ) Dinamit 

Alfred Nobel mungkin adalah salah satu penemu yang menyesali kesuksesan dari penemuannya, karena sering di salah gunakan. Awalnya Nobel ingin menyempurnakan bahan bernama nitrogliserin yang dikenal dengan ketidakstabilannya. Kemudian secara tidak sengaja Nobel menemukan metode yang mengandung substansi tanpa menghalangi kekuatannya sehingga menghasilkan ledakan yang begitu kuat, yang saat ini kita kenal sebagai dinamit.

Demikian adalah  7 penemuan paling berguna yang berawal dari kesalahan dan kegagalan penemunya, kisah-kisah di atas juga bisa kita jadikan sebuah pembelajaran yang berarti bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya melainkan awalan dari semua yang baru.

Leave a Comment