Penemuan fosil manusia purba 1

7 Penemuan Fosil Manusia Purba yang Menggemparkan Dunia

In Misteri by Jimmy ChandraLeave a Comment

Dunia ini menyimpan banyak misteri yang belum Anda ketahui. Misalnya tentang manusia pertama yang hidup di bumi. Hal ini menjadi pertanyaan karena banyaknya penemuan fosil manusia purba yang menggemparkan dunia. Jika Anda melihat berbagai macam berita di televisi atau media internet, mungkin Anda akan terkejut melihat banyaknya penemuan fosil berupa fosil manusia purba ini. Apalagi para ahli dengan meyakinkan mengatakan bahwa usia fosil sudah mencapai puluhan hingga ratusan ribu tahun.

Daftar 7 Penemuan Fosil Manusia Purba yang Mengejutkan

Jika membicarakan manusia purba, tentu fosilnya seharusnya ditemukan di tempat yang dulunya merupakan tempat hidup paling ‘nyaman’ di zaman itu. Namun, ternyata ada beberapa penemuan menggemparkan yang tidak jarang juga mematahkan teori beberapa ilmuwan dan melahirkan beragam teori baru. Dan yang paling mengejutkan, sebagian besar dari daftar penemuan fosil manusia purba ini berasal dari Indonesia. Berikut adalah ketujuh temuan menggemparkan tersebut:

1 ) Manusia kerdil Flores

Penemuan fosil manusia purba 0

Penemuan terbaru di Indonesia ditemukan pada tahun 2003. Perkembangannya pun  masih diikuti oleh para arkeolog dunia saat ini. Di Flores ditemukan fosil manusia, namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil sehingga disebut manusia kerdil. Manusia kerdil ini tingginya kurang lebih 1 meter saja. Karena ditemukan di Flores, maka nama temuan ini menjadi Homo floresiensis.

2 ) Manusia kera

Penemuan fosil manusia purba 2

Bengawan Solo yang alirannya mencapai Jawa Tengah dan Jawa Timur ternyata menyimpan misteri menggemparkan mengenai sosok manusia purba di Indonesia. Penemuan di desa trinil, Ngawi, Jawa Timur ini adalah yang pertama di Indonesia dan ditemukan pada tahun 1890. Eugene Dubois adalah penemu dari fosil manusia purba ini. Fosil ini dinamakan Pithecanthropus Erectus yang secara harfiah diartikan sebagai ‘manusia kera berjalan tegak’.

3 ) Manusia purba Sangiran

Penemuan fosil manusia purba 3

Penemuan fosil manusia purba paling menggemparkan selanjutnya datang dari daerah Sangiran. Daerah ini terletak di Sragen, tidak jauh dari Kota Solo. Manusia purba yang ditemukan akhirnya dinamakan oleh G.H.R.Von Konigswald, yaitu Meganthropus Paleojavanicus. Manusia purba ini bahkan diperkirakan hidup pada masa 2 juta tahun sebelum masa kita sekarang. Apalagi penemuan ini ditemukan pada tahun 1936, maka umurnya kemungkinan bisa menjadi lebih tua dari pada yang diperkirakan.

4 ) Manusia purba Jerman

Penemuan fosil manusia purba 4

Penemuan lain ditemukan di daerah sungai Neandar yang ada di Jerman. Dan seperti penemuan lainnya, namanya disesuaikan dengan tempat ditemukannya. Jenis manusia purba yang ditemukan adalah jenis homo, sehingga namanya menjadi Homo Neandertharlensis.

5 ) Cro-Magnon

Penemuan fosil manusia purba 5

Istilah Cro-Magnon sendiri mengacu pada jenis manusia purba Homo Cro-Magnon. Penemuan fosil manusia purba ini dikatakan sebagai yang paling mirip atau mendekati manusia modern yaitu kita. Jika Anda melihat gambar manusia purba ini, mungkin saja Anda akan teringat wajah seorang kenalan atau seseorang yang menyerupai jenis manusia purba ini.

6 ) Manusia purba Tiongkok

Penemuan fosil manusia purba 6

Gua Choukoutien di Tiongkok ternyata juga menyimpan penemuan yang tidak kalah menggemparkan. Fosil ini ditemukan pada tahun 1927 di dalam gua tersebut. Penemunya sendiri bernama Davidson Black. Nama manusia purba ini menjadi Sinanthropus Pekinensis dan berbeda dengan jenis manusia purba Homo maupun Pithecanthropus.

7 ) Manusia Purba Australia

Penemuan fosil manusia purba 7

Negeri Afrika yang jauh dari kita ternyata juga memiliki penemuan menggemparkan tentang manusia purba. Ditemukan pada tahun 1924, nama manusia purba ini adalah Australopithecus Africanus.

Itulah berbagai penemuan fosil manusia purba yang menggemparkan dunia. masing-masing memiliki rentang hidup yang berbeda. Ada yang hidup hanya belasan ribu tahun sebelum kita, manusia modern ada, da nada juga yang sudah hidup berjuta-juta tahun yang lalu. Menarik bukan?

Leave a Comment