mitos makhluk aneh di Indonesia 4

7 Mitos Makhluk Aneh di Indonesia Paling Menakutkan

In Cerita-cerita pendek, Misteri by Jimmy ChandraLeave a Comment

Telah disebutkan di berbagai sumber bahwa manusia bukanlah satu-satunya makhluk yang menghuni alam semesta ini, melainkan bersama sejumlah makhluk mitos yang diakui keberadaannya. Tak hanya di seluruh dunia, bahkan ada pula beberapa mitos makhluk aneh di Indonesia yang bisa dibilang sangat menakutkan. Meskipun dianggap sebagai mitos, beberapa orang telah bersaksi pernah melihat keberadaan makhluk-makhluk aneh tersebut. Mitos mengenai makhluk aneh ini juga berhubungan dengan kekayaan Indonesia akan ragam budaya serta legenda yang tercipta sejak bertahun-tahun yang lalu dan menjelma menjadi mitos di jaman modern ini.

Mitos Makhluk Aneh di Indonesia dan Ciri-cirinya

Meskipun saat ini adalah era modern, berita mengenai hal-hal mitos makhluk aneh tetap dipercayai oleh banyak orang. Salah satu mitos makhluk aneh di Indonesia adalah orang bati. Khususnya di Ambon, masyarakat yang tinggal di sekitar Pulau Seram mempercayai legenda mengenai makhluk aneh yang berasal dari gunung di daerah Kairatu. Makhluk inilah yang disebut-sebut sebagai orang bati. Adapun ciri-cirinya menurut penduduk setempat adalah bertubuh mirip manusia namun memiliki sayap seperti kelelawar. Orang bati sangat ditakuti karena dipercaya senang menculik anak-anak kecil pada malam hari yang kemudian akan dijadikan sebagai santapannya.

mitos makhluk aneh di Indonesia

Kemudian, adapun mitos makhluk aneh di Indonesia selanjutnya adalah Genderuwo. Makhluk aneh ini dipercaya berasal dari pulau Jawa. Genderuwo adalah sejenis makhluk halus dengan wujud seperti manusia yang mirip dengan kera. Seluruh tubuhnya dipenuhi dengan rambut yang lebat dan memiliki kulit berwarna hitam kemerahan. Bentuk tubuhnya sangat besar dan tinggi. Dilihat dari ciri-ciri tersebut, tentunya genderuwo adalah makhluk yang juga sangat menakutkan. Pada umumnya, makhluk ini tidak dapat terlihat lewat kasat mata, namun jika genderuwo merasa keberadaannya terganggu oleh ulah manusia, tidak jarang makhluk ini menampakan wujudnya yang menyeramkan tersebut.

mitos makhluk aneh di Indonesia 2

Siapa yang tidak tahu naga? Di beberapa film legenda, makhluk ini biasa dianggap sebagai makhluk mitos yang tak hanya menakutkan, namun juga kuat. Di Indonesia ternyata ada juga mitos mengenai makhluk ini, yang biasa disebut sebagai naga basuki atau besukih. Mitos tentang naga ini berasal dari kepercayaan agama Buddha dan Hindu. Naga basuki merupakan sejenis ular sakti yang muncul dari Gunung Agung. Ciri-cirinya seperti naga pada umumnya, namun sekujur tubuhnya ditutupi oleh emas dan pada ekornya terdapat sebuah berlian.

mitos makhluk aneh di Indonesia 3

Selanjutnya, ada juga mitos makhluk aneh di Indonesia yang dikenal dengan ebu gogo. Makhluk ini berasal dari legenda penduduk Flores. Ebu gogo memiliki perawakan yang mirip dengan peri. Hal ini karena tubuhnya yang pendek dan tidak lebih dari 1 meter. Selain itu, tubuhnya juga ditutupi rambut lebat dan memiliki telinga yang menjulur. Cara berjalan yang kikuk dan berbisik saat berbicara juga merupakan ciri dari ebu gogo. Tak hanya pendek, makhluk aneh ini dinilai menakutkan dan seram karena sifatnya yang rakus dan jahat. Makhluk ini juga dipercaya bisa melahap bayi manusia.

mitos makhluk aneh di Indonesia 4

Ada juga mitos tentang orang pendek yang memiliki ciri seperti ebu gogo, namun ditemukan di sekitar hutan Sumatera. Terakhir adalah makhluk ahool. Makhluk yang memiliki ciri seperti kelelawar ini tinggal di kawasan gunung Salak. Kepalanya mirip monyet dengan mata yang besar dan hitam. Itulah 7 mitos makhluk aneh di indonesia yang perlu Anda tahu. Meskipun menakutkan, makhluk-makhluk tersebut tercatat sebagai legenda yang perlu juga dipelajari ciri-ciri dan keberadaannya.

mitos makhluk aneh di Indonesia 5

Leave a Comment