lukisan abstrak termahal di dunia 5

7 Lukisan Abstrak Termahal di Dunia

In Entertainment, Unik by Jimmy Chandra2 Comments

Karya seni lukisan memang penuh misteri. Berbagai jenis lukisan menggambarkan maksud dan cerita yang tersembunyi, namun lukisan abstrak benar-benar sulit untuk dipahami. Apalagi bila Anda menghadapi lukisan abstrak termahal di dunia, karena ketidakjelasannya justru diberi harga yang sangat tinggi. Dari banyaknya karya-karya para seniman kelas atas yang pernah terjual, inilah 7 karya lukis abstrak yang telah terjual dengan harga yang tinggi.

Pesona Karya-karya Lukisan Abstrak Termahal di Dunia

1 ) White Center

lukisan abstrak termahal di dunia 1

Ini adalah lukisan abstrak yang hanya terdiri dari empat persegi panjang yang disusun tinggi dan terdiri dari empat jenis warna yang berbeda: Merah muda di bawah, putih di tengah, kuning di atas, serta hitam di antara warna putih dan kuning. Walaupun maknanya sulit dipahami, lukisan ini dinilai seharga US$72.800.000, dan dijual kembali pada tahun 2007 kepada Sheikh Hamad bin Khalifa At-Thani, seorang anggota keluarga kerajaan dari Qatar, seharga US$74.900.000.

2 ) False Start

lukisan abstrak termahal di dunia 2

Sekali lagi, lukisan abstrak termahal di dunia memang sulit dipahami. Untuk lukisan kali ini, Anda akan menyaksikan berbagai campuran corak warna dari biru, kuning, orange, merah, hitam, hingga putih. Di dalam warna-warna tersebut, terdapat tulisan-tulisan kata warna yang tercetak acak. Harga lukisan ini hanya US$80.000.000, namun Kenneth C. Griffin membelinya dengan harga yang lebih tinggi, yaitu US$84.600.000.

3 ) Triptych 1976

lukisan abstrak termahal di dunia 3

Untuk lukisan abstrak kali ini, Anda akan menyaksikan sebuah lukisan yang terbagi menjadi tiga bagian. Triptych adalah lukisan yang dibuat dari minyak serta pastel kanvas dan menggambarkan tiga pria yang memiliki sudut pandang, bentuk, serta penggambaran yang berbeda. Karya Francis Bacon ini terjual seharga US$85.500.000 kepada Roman Abramovich.

4 ) Nu(d)e, Green Leaves, and Bust

lukisan abstrak termahal di dunia 4

Pablo Picasso adalah seniman yang terkenal, jadi tidak heran bahwa karyanya termasuk dalam lukisan abstrak termahal di dunia. Lukisan yang ini menggambarkan wanita telanjang yang tertidur di atas daun serta seorang pria, namun sebenarnya menggambarkan simpanan Picasso, yaitu Marie-Therese Walter. Lukisan seharga US$106.500.000 ini sampai sekarang masih tersimpan dan dipamerkan di gedung Tate Modern, di kota London.

5 ) Three Studies of Lucian Freud

lukisan abstrak termahal di dunia 5

Lagi-lagi karya lukisan Francis Bacon masuk ke dalam daftar lukisan termahal. Lukisan yang ini menggambarkan seorang pria yang duduk di atas kursi dengan tiga sudut pandang yang berbeda. Ya, lukisan ini juga merupakan karya lukisan yang terbagi menjadi tiga bagian. Walaupun kesannya sederhana, lukisan ini dihargai US$143.100.000 dalam sebuah acara lelang.

6 ) Woman III

lukisan abstrak termahal di dunia 6

Karya lukisan abstrak yang ini mungkin membuat Anda tertawa atau merinding. Seniman Willem de Kooning menghabiskan waktu dua tahun untuk menyelesaikan gambar perempuan ini. Setelah menjadi koleksi Museum Teheran, lukisan ini ditampilkan pada tahun 1979 dan dilelang untuk pertama kalinya di tahun 1994. Pada tahun 2006, lukisan ini terjual seharga US$152.500.000.

7 ) No. 5

lukisan abstrak termahal di dunia 7

Inilah karya lukisan abstrak termahal di dunia buatan Jackson Pollok. Lukisan ini berupa berbagai bercak warna yang terlihat seperti sarang burung, namun penggambaran bercaknya sangat tidak teratur. Walaupun awalnya hanyalah karya koleksi dari Museum of Modern Art, lukisan ini telah terjual beberapa kali. Pada tahun 2006, lukisan ini laku kepada David Martinez seharga US$155.300.000.

Demikian 7 lukisan abstrak termahal di dunia. Walaupun ketidakjelasan gambar serta maksudnya masih belum dipahami, orang-orang berani membeli lukisan-lukisan tersebut dengan harga yang tinggi. Karya-karya lukisan tersebut adalah lukisan tua dan melegenda, dan mungkin itulah letak nilai jualnya yang tinggi.

Comments

Leave a Comment