kunci sukses membangun startup 1

7 Kunci Sukses Membangun Startup Ala Kaskus

In Bisnis, Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

 

Bagi Anda yang sudah bosan menjadi karyawan, Anda mungkin bisa memulai sebuah bisnis sendiri. Mendirikan sebuah perusahaan tidaklah sulit, yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara mengembangkan perusahaan Anda agar bisa bertahan dan meraih sukses. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mempelajari beberapa kunci sukses membangun startup dari perusahaan-perusahaan yang sudah terlebih dahulu meraih kesuksesan. Salah satu perusahaan sukses yang merupakan forum online terbesar di Indonesia, kaskus bisa dijadikan sebagai inspirasi.

Kunci Sukses Membangun Startup Tersinspirasi dari Kaskus

kunci sukses membangun startup

1 ) Menjadi Diri Sendiri

Jika Anda ingin memulai usaha atau mendirikan perusahaan secara mandiri, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah percaya diri. Menjadi diri sendiri sangatlah penting dalam menjalankan sebuah usaha. Dengan percaya dan menjadi diri sendiri, Anda akan lebih yakin dalam mengembangkan perusahaan.

2 ) Berbeda Dari Yang Lain

Kunci sukses membangun startup yang kedua adalah menjadi diri sendiri berarti berbeda dari yang lain. Anda tentu saja boleh menjadikan perusahaan yang telah sukses sebagai inspirasi. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus mengambil ide yang sama, karena belum tentu Anda bisa memperoleh kesuksesan yang sama jika mengikuti ide yang sudah ada. Anda harus memiliki diferensiasi saat ingin memulai bisnis. Temukan ide baru dan segar yang bisa menjadi pelopor usaha lainnya.

3 ) Mulai Wujudkan Mimpi

Jika Andrew dan Ken, dua pendiri forum online kaskus bisa meraih kesuksesan seperti yang Anda lihat saat ini, Anda tentunya juga bisa. Banyak anak-anak muda Indonesia dinilai memiliki potensi dalam membangun usaha terbukti dari ide-ide cemerlang yang mereka punya. Akan tetapi, ide dan impian tersebut tidak akan menjadi apa-apa jika Anda tidak memulai bergerak untuk mewujudkannya. Yang terpenting adalah jangan ragu untuk memulai dan mencoba.

4 ) Prioritaskan Pengguna

Kunci sukses membangun startup yang selanjutnya adalah memprioritaskan pengguna. Jika perusahaan sudah terbentuk dan mulai berjalan pelan-pelan, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengembangkannya agar menjadi lebih besar dan meraih kesuksesan. Menurut Ken, salah satu pendiri kaskus yang juga telah merilis buku berjudul “Ken&Kaskus” berpendapat bahwa elemen penting yang harus dimiliki dalam sebuah bisnis adalah pengguna. Lakukan inovasi dan pengembangan untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh para pengguna.

5 ) Peranan Pengguna untuk Marketing

Percayalah bahwa setiap usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan mampu memberikan hasil yang baik pula. Jika para pengguna puas dengan layanan dan fasilitas yang diberikan, tanpa biaya tambahan untuk marketing pun, Anda bahkan bisa berhasil dalam kegiatan pemasaran. Jadi sebesar apapun bisnis yang Anda bangun, tidak akan berhasil tanpa adanya peran pengguna.

6 ) Menawarkan Kualitas

Kunci sukses membangun startup  yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kualitas. Tidak salah jika membangun bisnis bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, jangan jadikan hal tersebut yang utama saat menjalankan bisnis. Tawarkanlah kualitas terbaik yang bisa Anda berikan, maka keuntungan akan menyertai setelahnya.

7 ) Fokus dan Optimis

Yang terakhir tentunya harus fokus dan optimis dalam menjalankan usaha Anda. Fokuslah pada kualitas yang ingin Anda berikan kepada para pengguna. Kemudian, Anda harus optimis kalau Anda pasti bisa mencapai kesuksesan dalam bisnis dan usaha Anda.

Itulah 7 tips untuk kiat sukses dalam membangun perusahaan baru atau startup. Jika Anda mengikuti kunci sukses membangun startup seperti yang disebutkan di atas, percayalah bahwa Anda pun bisa meraih keberhasilan seperti beberapa perusahaan besar yang telah membuktikannya. Ada beberapa perusahaan sukses yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam menjalankan usaha Anda, termasuk forum online nomor satu di Indonesia, Kaskus.

Leave a Comment