kebiasaan apa yang dapat meningkatkan

7 Kebiasaan Apa yang Dapat Meningkatkan Stamina Jantung Anda

In Kesehatan by Jimmy ChandraLeave a Comment

Jantung merupakan organ tubuh yang paling penting dalam tubuh manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ketika jantung tidak lagi berfungsi optimal maka tubuh kita pun juga akan terganggu. Nah, untuk memastikan bahwa kinerja jantung selalu optimal, maka Anda harus mengetahui kebiasaan apa yang dapat meningkatkan stamina jantung Anda. Kebiasaan ini tidak sulit untuk dilakukan secara rutin namun manfaatnya sangat luar biasa.

Kebiasaan Apa yang Dapat Meningkatkan Stamina Jantung Anda – Lakukan di Rumah

1 ) Olahraga ringan 15 – 30 menit di pagi hari

kebiasaan apa yang dapat meningkatkan 1

Kualitas oksigen paling baik di pagi hari sehingga ketika Anda berolahraga, tubuh Anda akan menyerap udara yang bersih. Jenis olahraga yang paling tepat adalah latihan kardiovaskular seperti misalnya berjalan atau berlari ringan. Pastikan Anda menerapkan interval ketika berolahraga.

Misalnya mengawali 5 menit pertama dengan berjalan santai lalu menaikkan kecepatan berjalan hingga akhirnya Anda berlari. Kemudian, pada 10 menit terakhir kurangi kecepatan secara perlahan hingga Anda berjalan kembali. Anda bisa menggunakan treadmill agar bisa berolahraga di rumah dan merutinkan kebiasaan apa yang dapat meningkatkan stamina jantung Anda.

2 ) Berhenti merokok

Stop smoking now

Apakah Anda perokok? Cobalah untuk berhenti atau setidaknya mengurangi rokok. Telah terbukti dalam berbagai penelitian bahwa zat-zat dalam rokok menimbulkan dampak yang buruk pada tubuh Anda terutama jantung. Ketika Anda merokok, jantung akan dipaksa bekerja berkali lipat lebih keras dari seharusnya. Jika hal ini berulang terus menerus, maka suatu saat jantung Anda tidak akan lagi berfungsi optimal.

3 ) Turunkan berat badan

kebiasaan apa yang dapat meningkatkan 3

Berat badan juga merupakan komponen penting yang mempengaruhi kerja jantung. Ketika Anda mempunyai bobot tubuh diatas normal, maka jantung juga akan bekerja lebih keras. Ibarat sebuah alat, jika dipaksa bekerja terus-menerus, maka lama-kelamaan akan aus.

4 ) Kurangi lemak dalam tubuh

kebiasaan apa yang dapat meningkatkan 4

 

Lemak dalam tubuh yang berlebihan juga mempengaruhi kerja jantung dimana jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah ke berbagai bagian dalam tubuh yang tertutup oleh lemak.

Lemak berlebih merupakan akibat dari kebiasaan makan yang salah misalnya terlalu banyak makan konsumsi daging atau ikan yang mengandung lemak jahat yang tinggi. Cara lain untuk mengurangi lemak adalah berolahraga dan memperbanyak konsumsi buah, sayuran dan air. Hal ini merupakan poin berikutnya terkait kebiasaan apa yang dapat meningkatkan stamina jantung Anda.

5 ) Berenang

kebiasaan apa yang dapat meningkatkan 5

Berenang adalah olahraga yang bagus untuk melatih atau memompa kerja jantung secara optimal. Pada saat yang sama, berenang juga membantu kerja jantung untuk mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Dengan berenang, maka seluruh bagian dalam tubuh Anda akan bergerak. Maka dari itu, sempatkan diri untuk berenang setidaknya sekali dalam satu minggu selama 1 hingga 2 jam.

6 ) Bersepeda

kebiasaan apa yang dapat meningkatkan 6

Jenis olahraga kardiovaskular lain yang juga merupakan kebiasaan apa yang dapat meningkatkan stamina jantung Anda yang sangat dianjurkan untuk jantung adalah bersepeda. Olahraga ini melatih jantung untuk bekerja secara optimal dan memastikan bahwa penyaluran oksigen dan darah berlangsung lancar. Anda bisa bersepeda di luar rumah di pagi hari ataupun menggunakan alat olahraga berbentuk sepeda sehingga Anda bisa bersepeda di dalam rumah. Lakukan olahraga ini setidaknya 15 menit setiap hari.

7 ) Makan bergizi dan kurangi makanan pabrik

kebiasaan apa yang dapat meningkatkan 7

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga mempengaruhi kerja jantung dan organ yang lain. Oleh karenanya dianjurkan untuk menghindari makanan pabrik dan memperbanyak makanan sehat yang berasal langsung dari alam.

Dengan melakukan kebiasaan apa yang dapat meningkatkan stamina jantung Anda secara rutin, maka Anda akan terus sehat dan jantung Anda akan terus berfungsi optimal.

Leave a Comment