gempa-terdahsyat-di-dunia

7 Gempa Terdahsyat Dan Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

In Misteri by Jimmy ChandraLeave a Comment

Gempa terdahsyat di dunia – Bencana alam memang tidak ada manusia yang tahu, namun untuk mencegahnya dapat dilakukan karena saat ini banyak ilmuan yang mampu memprediksi bencana alam akan terjadi walaupun tidak sepenuhnya benar 100%, namun dengan adanya para ilmuan tersebut yang dengan teknologi canggih sebagai pendukung, maka sebagai manusia sebaiknya selalu berusaha untuk mencegah segala bala bencana yang akan terjadi, karena tidak jarang juga semua bencana alam disebabkan oleh manusia, sehingga penting bagi manusia untuk sadar akan kelangsungan hidup di bumi. Selain berusaha menyelamatkan bumi, manusia juga perlu berhati-hati dengan segala bencana yang tiba-tiba muncul yaitu seperti gempa bumi.

7 Gempa terdahsyat di dunia

Gempa bumi memiliki dampak yang besar bagi kelangsungan hidup, karena selain dapat merusak harta benda namun bencana yang berasal dari dalam bumi ini juga dapat menghilangkan banyak nyawa. Berikut akan kami ulas 7 gempa bumi yang terjadi di dunia yang memporak-porandakan kehidupan manusia di bumi.

1 ) Gempa bumi Aleppo, Suriah (1138)

gempa-terdahsyat-di-dunia-1

Gemba bumi yang terjadi pada bulan oktober 1138 – juni 1139 di kota terbesar di Suriah ini menewaskan sekitar 230 ribu orang. bahkan menurut data dari US Geological Survey (USGS) gempa yang terjadi di kota tertua tersebut merupakan bencana alam yang mematikan.

2 ) Gempa bumi Shaanzi, Cina (1556)

gempa-terdahsyat-di-dunia-2

Gempa bumi di kota Shaanzi, Cina terjadi pada tanggal 23 Januari 1556. Gempa yang terjadi menyebabkan sekitar 830 ribu orang meninggal. Gempa yang terjadi di Cina ini merupakan salah satu gempa terdahsyat di dunia karena sebanyak 97 negara di seluruh dunia juga terpengaruh akibat gempa bumi tersebut.

3 ) Gempa bumi Tibet (1950)

gempa-terdahsyat-di-dunia-3

Gempa bumi yang terjadi di Tibet ini tepatnya terjadi pada tanggal 15 Agustus 1950, gempa memiliki kekuatan 8,6 skala richter dengan menewaskan sekitar 1500 orang. Salah satu gempa terdahsyat di dunia ini juga menciptakan bencana lain yaitu banjir besar dan menghancurkan desa-desa yang menjadi tempat terjadinya bencana alam tersebut.

4 ) Gempa bumi Tangshan, Cina (1976).

gempa-terdahsyat-di-dunia-4

Gempa tangshan terjadi di Hebei, Cina tepatnya pada tanggal 27 Juli 1976. Gempa dengan kekuatan 7,8 skala richter ini menewaskan sekitar 242 rb orang dan 164 rb orang lainnya terluka parah. Gempa bumi tangshan merupakan salah satu gempa bumi terbesar di dunia, dengan banyaknya korban yang meninggal.

5 ) Gempa bumi Samudra Hindia, Indonesia (2004)

gempa-terdahsyat-di-dunia-5

Gempa bumi samudra hindia berpusat di bagian pantai barat Sumatera tepatnya di Aceh, Indonesia pada tanggal 26 Desember 2004. Gempa Aceh ini memiliki kekuatan 9.3 skala richter mengguncang samudra hindia. Salah satu gempa terdahsyat di dunia ini menyebabkan gelombang besar atau tsunami sehingga menewaskan lebih dari 225rb orang dari 8 negara yang mendapatkan dampak dari bencana alam tersebut.

6 ) Gempa bumi Pakistan (2005)

gempa-terdahsyat-di-dunia-6

Gempa yang terjadi di Pakistan tepatnya pada tanggal 8 oktober 2005 ini memiliki kekuatan 7,6 skala richter, gempa terdahsyat ini menewaskan lebih dari 40 ribu orang. Hasil penelitian menyebutkan bahwa semua kerusakan yang terjadi disebabkan karena dangkalnya pusat gempa.

7 ) Gempa bumi Haiti (2010)

A resident sits at a destroyed area after a major earthquake hit the capital Port-au-Prince, January 14, 2010. Troops and planeloads of food and medicine streamed into Haiti on Thursday to aid a traumatized nation still rattled by aftershocks from the catastrophic earthquake that flattened homes and government buildings and buried countless people.   REUTERS/Jorge Silva (HAITI - Tags: DISASTER ENVIRONMENT IMAGES OF THE DAY)

Gempa terdahsyat di dunia selanjutnya yaitu terjadi di Haiti tepatnya pada tanggal 12 Desember 2010, gempa yang memiliki kekuatan 7,0 skala richter ini menewaskan sekitar 200 ribu orang.

Deskripsi : Gempa terdahsyat di dunia pada umumnya menewaskan ribuan orang yang menjadi korban dan memperok-porandakan bumi, untuk itu bumi harus selalu dijaga akan kelestariannya.

Leave a Comment