tips menaikkan harga

6 tips menaikkan harga barang tanpa kehilangan pelanggan

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Pada sebuah bisnis, menaikan harga barang tanpa strategi khusus akan menjadi suatu masalah. Salah satu danpak karena menaikan harga adalah kehilangan pelanggan dan minimnya peminat. Bila di analisa  dari perilaku konsumen Indonesia, kebanyakan dari mereka membeli produk dengan harga yang lebih miring, untuk masalah kualitas nomor dua.

Untuk itu lah 6 tips menaikkan harga barang ini hadir untuk anda karena pada kenyataan dari perilaku konsumen indonesia. Artikel ini anda akan merangkum tips dan strategi untuk menaikan harga.

6 tips menaikkan harga barang

Mensosialisasikan Kepada Pelanggan Terkait Kenaikkan Harga

Tips menaikkan harga barang yang pertama adalah dengan mensosialisasikan kepada pelanggan Anda perihal adanya rencana kenaikkan harga. Ini dilakukan agar para pelanggan anda tidak kaget dan bisa mengerti alasan anda menaikan harga, dan jangan pernah menaikan harga tanpa melibatkan pelanggan.

Konsumen adalah raja mereka menjadi elemen penting di dalam sebuah bisnis, jadi sebisa mungkin untuk melibatkan mereka, apalagi hal ini mengenai penaikan harga. Cara mensosialisasikannya bisa dengan bermacam cara, salah satunya mengirim newslatter via email, atau bisa juga degan akun sosmed.

bila Anda memiliki website e-commerce atau toko online, itu di manfaatkan dengan membuat banner pemberitahuan. Perhitungkan juga jangka waktu kapan naiknya harga tersebut, hal ini agar pelanggan dapat menyesuaikan.

Memberikan Penjelasan Kepada Konsumen dengan Jujur

Tips menaikkan harga barang yang selanjutnya adalah memberikan penjelasan sejelas-jelasnya kepada pelanggan Anda dengan jujur. Biasanya setelah anda mengumumkan kenaikan harga akan ada banyak pertanyaan yang detail mengenail alasan anda menaikan harga barang tersebut.

Penjelasan Anda haruslah masuk akal dan tidak berkesan dibuat-buat, Karena mereka akan terus membanding-bandingkan harga Anda dengan competitor lainnya, untuk itulah berikan pejelasan yang logis dan masuk akal.

Memberikan Bonus atau Gift

Terkadang saat konsumen pelanggan tahu akan kenaikkan harga pada produk, mereka akan mengurungkan niatnya untuk membeli. Untuk mensiasati masalah tersebut ,Tunjukan dedikasi anda dengan memberikan beberapa bonus atau undia dengan hadiah yang menggiurkan, atau bisa juga anda memberikan diskon di tahap pertama menaikkan harga.

tips menaikkan harga 2

Gift And Bonus

Hadiah yang perlu tidak sediakan tidak harus mahal, cukup hadiah kecil yang murah namun unik, mereka para konsumen akan merasa diperhatikan dan itu akan membuat mereka loyal kepada toko atau produk yang anda punya.

Memberikan Berbagai Pilihan Harga

Tips menaikkan harga barang yang keempat adalah dengan memberikan beberapa pilihan harga, siasatilah dengan membuat strategi bundling dengan lebih murah. Dengan begitu konsumen Akan berasumsi bahwa kenaikkan harga tersebut tidak begitu besar dan membuat mereka dapat menerima kenaikkan harga yang anda lakukan. Konsumen bisa membeli dua produk sekaligus dengan harga yang lebih murah.

Memberikan Touch Up Pada Produk<h/4>

Tips menaikkan harga barang yang terakhir adalah dengan memberikan suatu yang Fresh dan berbeda dari sebelumnya.

Contoh: membuat kemasan baru yang lebih menarik, Tingkatkan kualitas kemasan dan percantik packaging pada barang. Atau anda juga bisa membuat tampilan baru pada toko online anda.

tips menaikkan harga 3

Menaikkan kualitas produk

Sehingga membuat konsumen merasa kenaikkan harga sesuai dengan peningkatan kualitas yang anda berikan dan pelayanan juga semakin baik. Karena sifat konsumen adalah selalu ingin mendapatkan lebih dari apa yang dapat mereka berikan. Maka dari itu, menaikkan harga yang sebanding dengan peningkatan kualitas produk dan pelayanan akan membuat konsumen merasa tidak dirugikan.

Demikian adalah Tips menaikkan harga barang yang bisa anda coba sekarang juga, pembeli adalah raja mereka selalu minta pelayanan yang baik, Namun jika anda sudah bisa memberikan pelayanan yang baik, para konsumen tidak akan kabur ke merk atau produk lain, karena mereka sudah percaya dengan toko anda.

Selamat mencoba, dan Sukses selalu

Leave a Comment