perilaku-keseharian-nabi-muhammad-saw

6 Perilaku Keseharian Nabi Muhammad SAW yang Dijadikan Tauladan Orang Sukses

In Bisnis, Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Perilaku Keseharian Nabi Muhammad SAW – Pada jamannya dahulu Nabi Muhammad SAW memang sudah terkenal sebagai pedagang yang sangat sukses sekali. Hal ini terbukti dari beberapa buku yang membahas tentang perilaku dan keseharian nabi dalam langkahnya menuju sukses. Nabi Muhammad SAW sendiri mengajarkan untuk menjadi orang yang kaya dengan jalan yang baik terutama untuk menghindari hasil riba yang beredar saat ini. Dengan hidup kaya maka umatnya bisa saling membantu dan membangun agama untuk masa depan. Beberapa keseharian dan perilaku nabi berikut ini akan memberikan gambaran kepada anda cara berbisnis yang baik dan menuju sukses.

Jujur Dalam Berbisnis

perilaku-keseharian-nabi-muhammad-saw-1

Perilaku keseharian Nabi Muhammad SAW yang pertama adalah jujur dalam berbisnis. Nabi mengajarkan untuk selalu jujur dalam bertindak dan menimbang entah nantinya usaha anda bergerak pada bidang peternakan atau perdagangan karena tetap harus jujur. Dalam menimbang dan mengungkapkan keadaan asli dari barang juga menjadi kewajibannya maka dari itu dahulu kala nabi sangat terkenal dengan hasil dagangannya yang berkualitas. Jika Beliau melihat dagangannya jelek maka Beliau juga akan mengatakan hal yang sama begitu juga jika barang jualannya sangat bagus.

Kebebasan Individu yang Bertanggung Jawab

perilaku-keseharian-nabi-muhammad-saw-2

Kebebasan dalam berusaha memang menjadi hak masing-masing. Kebebasan ini juga tidak boleh sampai lepas dari nilai agama karena banyak tindakan yang akan terjadi yang menjerumuskan banyak umatnya jatuh ke dosa. Misalkan bebas untuk berwirausaha tetapi tetap menjauhi hasil riba dari orang lain. Dengan cara ini sistem perdagangan akan menjadi sehat tanpa adanya barang haram yang masuk. Perilaku keseharian Nabi Muhammad SAW juga sangat bertanggung jawab ketika salah satu ternaknya tidak bagus untuk dijual maka beliau langsung menggantinya dengan ternak yang sehat.

Menjaga Nama Baik

Selain menjaga usahanya agar tetap lancar, Nabi juga menganjurkan untuk menjaga nama baik karena  pribadi orang baiklah yang akan dikenal sebagai ciri khas orang tersebut. Menjaga nama baik bisa dengan cara menjaga tindakan dan menjaga tutur kata karena ketika banyak kebaikan terjadi namun jika ada satu kesalahan yang fatal akan membuat nama menjadi tercemar. Itulah mengapa sangat penting sekali dalam menjaga nama baik bukan hanya pada urusan usaha dan bisnis saja.

Berniat Baik Dalam Bisnisnya

Sebelum membuka usahanya Nabi Muhammad SAW sering berdoa agar usahanya dapat lancar dan membantu lebih banyak orang lagi ke dalam jalannya. Niat baik ini bisa kita contoh sebagai perilaku keseharian nabi Muhammad SAW yang sangat baik sekali. Kadang banyak orang mengesampingkan tujuan usaha hanya semata untuk keuntungan sendiri saja.

Berprinsip Pada Nilai Ilahi

Dalam berusaha tentu diimbangi dengan berdoa karena segala sesuatu yang sudah dikerjakan tetap dipasrahkan kepada-Nya. Nabi juga sering mengajarkan hal baik dengan berdoa dahulu dan memberikan niat sebelum melakukan usaha. Walau dalam kesibukan dan kepenatan dalam bekerja beliau tetap ingat dan selalu berdoa untuk segala kelancarannya.

Bersedekah untuk Orang Lain

perilaku-keseharian-nabi-muhammad-saw-7

Perilaku keseharian Nabi Muhammad SAW satu ini merupakan kunci utama dalam kesuksesan dalam berbisnis. Sedikit apapun hasil yang didapatkan harus bisa menyedekahkan sebagian usaha tersebut begitu juga saat sudah sukses dalam menjemput banyak rezeki. Hal ini akan membantu orang di sekitar untuk turut merasakan rahmat dari-Nya.

Itulah beberapa perilaku keseharian Nabi Muhammad SAW dalam berbisnis. Insya Allah bisa membantu ada dalam membuat usaha sampai sukses. Dalam hadistnya juga banyak yang menyebutkan jika usaha sejalan dengan doa akan menghasilkan sesuatu yang berharga.

 

Leave a Comment