5 CIRI-CIRI ORANG YANG SUKA BERHUTANG

In Unik by Jimmy Chandra1 Comment

Apa kamu pernah berhutang atau malah pernah sering dihutangi sama orang yang sama, Entah apa yang menjadikan orang-orang ini hobi berhutang dan meminjam uang orang. Sebenarnya meminjam uang kepada orang lain bukanlah hal yang dosa atau tidak diperbolehkan, berhutang boleh-boleh saja dengan jaminan uang yang dipinjam harus kembali dalam tempo waktu yang telah disepakati bersama. Jika kita meminjam uang kepada teman atau orang lain itu sama saja kita sedang membantu orang tersebut, mungkin saja dia sangat membutuhkan dengan waktu yang terdesak. Namun kenapa yaa bila ada orang-orang yang hobinya pinjam uang untuk alasanyang sepele dan gakpenting, Yuk lihat ciri-ciri orang yang suka berhutang dibawah ini.

5 CIRI-CIRI ORANG YANG SUKA BERHUTANG

1.Tidak mau kalah

ciri-ciri orang suka berhutang

Selalu merasa tersaingi

ciri-ciri orang yang suka berhutang  yang pertama adalah orang yang tidak mau kalah dengan orang lain, tertama dalam masalah penampilan yaa.. nah Apakah sobat merasa perlu membeli sesuatu hanya karena orang lain menggunakannya? Jika memang iya, tahanlah diri agar tidak selalu ingin sama dengan orang lain. Akan selalu ada orang yang bisa lebih daripada sobat atau bisa membeli sesuatu lebih dari yang bisa kita lakukan. Jika sobat tidak punya cukup uang, jangan memaksakan diri untuk mencicil. Apalagi jika belum lunas mencicil gadget, sobat sudah membeli tas bermerek yang juga dibayar dengan cara cicilan. Karena itu bisa membuat utang sobat akan sangat banyak.

2.Tidak berpikir realistis

Kebanyakan keinginan

Kebanyakan keinginan

Semua dari kita pasti ingin tinggal di rumah impian dan menyetir mobil impian. Atau setiap liburan selalu ingin jalan-jalan ke luar negeri. Tak ada yang salah dengan menggapai mimpi. Namun, jangan lupa untuk menginjak bumi. Apakah gaji sobat sekarang cukup untuk membayar cicilan tersebut?

3.Suka beli yang bukan kebutuhan

Boros

Boros

Mungkin sobat berkilah selalu mampu membayar setiap tagihan kartu kredit secara lunas setiap bulannya. Tetapi jika sobat terbiasa membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, bukan tidak mungkin hobi belanja ini suatu saat menjadi tidak terkontrol. Akibatnya, berhutang menjadi kebiasaan yang sulit dikendalikan.

4.Tidak punya tabungan yang cukup

Tidak punya simpanan uang

Tidak punya simpanan uang

Hampir sebagian besar orang tidak memiliki tabungan yang bisa menutupi pengeluaran mereka selama tiga bulan jika terjadi hal darurat seperti kehilangan pekerjaan atau membayar biaya rumah sakit. Jika sobat hanya mengsobatlkan gaji untuk hidup dari hari ke hari dan tidak memiliki tabungan, satu langkah keliru bisa membuat sobat jatuh pada bencana finansial.

5.Tidak membuat anggaran

ciri-ciri orang suka berhutang5

Tidak punya catatan pemasukan dan pengeluaran

ciri-ciri orang yang suka berhutang yang terakhir adalah sebab Terjadinya utang biasanya karena anggaran yang tidak efisien dan tidak terkonsep dengan jelas. Seandainyanya sobat bisa duduk sebentar dan membuat anggaran keuangan selama mingguan atau bulanan akan membantu kita mengetahui ke mana “larinya” uang jika terjadi kekurangan. Jika sobat serius ingin membereskan keuangan, mulailah belajar membuat anggaran dan bersikaplah disiplin terhadap rencana yang sudah disusun. Silahkan dicoba dan buktikan.

Dan demkian adalah 5 ciri-ciri orang yang suka berhutang yang harus kamu ketahui, agar kita terhindar dari orang-orang yang suka menghutang dengan alasan seperti di atas tad, dan juga tentunya menjaga diri kita sendiri agar tidak suka berhutang.. Hehehe

 

Comments

Leave a Comment