kasus-pembunuhan-aktivis-ham-munir

4 Kasus Pembunuhan di Indonesia yang Belum Terungkap Selain Kasus Pembunuhan Aktivis HAM Munir

In Misteri by Jimmy ChandraLeave a Comment

Kasus pembunuhan aktivis HAM Munir memang sering kita dengar karena masalahnya sendiri sampai sekarang ini belum jelas kelanjutannya. Baik motif pelaku sampai siapa yang melakukannya tidak diketahui publik yang membuatnya menjadi misteri pembunuhan yang belum terungkap.

Sebetulnya sudah ada banyak sekali kasus serupa yang sengaja ditutup-tutupi sehingga kasusnya masih belum terungkap. Masalahnya sendiri ada banyak, mulai dari pembelaan terhadap HAM, pembelaan terhadap kepentingan buruh, sampai misteri pembunuhan berantai yang tidak terungkap. Entah aparat negara sendiri yang menutupi atau memang tidak bisa diselesaikan. Di bawah ini ada beberapa contoh kasus pembunuhan yang belum terungkap sampai sekarang.

1 ) Kasus Pembunuhan Udin (1996)

kasus-pembunuhan-aktivis-ham-munir-1

Kasus ini memakan korban seorang wartawan bernama Fuad Muhammad Safrudin atau yang lebih dikenal dengan nama panggilan Udin. Belum diketahui penyebab pastinya namun pada Selasa Malam tanggal 13 Agustus 1996 dia didatangi oleh orang yang tidak dikenal lalu dianiaya sampai akhirnya tanggal 16 Agustus 1996 dirinya menghembuskan nafas terakhirnya.

Udin sendiri dianggap sebagai wartawan yang sangat kritis terhadap pemerintahan orde baru dan militer. Kasus ini sempat ditangani oleh pihak kepolisian Bantul yang mengalami kesulitan karena hilangnya barang bukti terkait. Lambat laun beberapa orang dianggap sebagai kambing hitam atas terbunuhnya kasus Udin tersebut.

Seperti contohnya  wanita bernama Tri Sumaryani yang mengaku mendapatkan sejumlah uang untuk melaporkan bahwa suaminya yang telah melakukan pembunuhan karena sudah pernah berhubungan badan dengan wanita tersebut.

Namun karena tidak ada bukti jelas maka tidak dilanjutkan. Berlanjut seorang lagi yang dianggap sebagai kambing hitam juga, Dwi Sumaji dengan panggilan Iwik ini dibayar oleh orang yang tidak dikenal untuk mengakui bahwa ia yang membunuh Udin.

Beberapa dalih dari orang yang tak dikenal untuk segera menangkap Iwik tersebut hingga akhirnya Komisi HAM turun tangan untuk membela Iwik yang tidak bersalah. Sampai saat ini kasus pembunuhan Udin masih belum jelas adanya.

2 ) Misteri Petrus (Penembak Misterius)

kasus-pembunuhan-aktivis-ham-munir-2

Jauh sebelum kasus pembunuhan aktivis HAM Munir ada yang namanya Petrus atau yang dikenal dengan penembak misterius. Pembunuhan ini berlangsung selama orde baru dengan korbannya adalah Gali dan Preman yang sekiranya meresahkan masyarakat.

Era kepemimpinan Soeharto memang banyak rahasia di dalamnya dengan berbagai masalah yang timbul juga. Banyak tindak kejahatan dan tindak kriminalitas yang menjadi pemicu adanya teror penembak misterius ini.

korbannya yang sudah meninggal kebanyakan hanya dibuang begitu saja atau dimasukkan ke dalam karung. Kebanyakan hanya diletakkan di depan rumah saja agar menjadi shock terapy bagi mereka yang meresahkan masyarakat. Sampai saat ini kasus pembunuhan yang memakan korban hingga 2000 orang tersebut masih menjadi misteri.

3 ) Kasus Pembunuhan Dietje (Budi Mulyono)

kasus-pembunuhan-aktivis-ham-munir-3

Pada tahun 80an, seorang peragawati cantik bernama Dietje  Budiarsih tewas dibunuh saat mengendarai mobilnya. Mayatnya dibuang di kebun karet yang sekarang ini menjadi perumahan DPR. Kasus tersebut dibuka dengan berbagai gelaran reka dan nama yang dianggap sebagai pelakunya.

Pak De atau yang lebih dikenal dengan nama Muhammad Siradjudin dianggap sebagai pelaku tunggal kasus pembunuhan tersebut. Seorang tua renta yang dulunya menjadi seorang dukun sekaligus guru spiritual bagi Dietje menjadi kambing hitam yang akhirnya dimasukkan ke penjara dengan pidana penjara seumur hidup.

Walau beberapa kali mengaku tidak membunuh Dietje tersebut namun pada akhirnya dia terpaksa mengaku karena banyaknya tekanan dan serangan fisik terhadap anaknya dan dirinya. Sampai saat ini memang masih menjadi misteri siapa yang terkait dengan kasus tersebut dan pelakunya juga.

4 ) Kasus Sum Kuning (1970)

kasus-pembunuhan-aktivis-ham-munir-5

 

Beda kasus pembunuhan aktivis HAM Munir beda kasus Sum Kuning, Sumarijem seorang wanita cantik penjual telur di Jogja ini menjadi korban pemerkosaan yang dilakukan oleh anak pejabat dan anak terpandang dari kota tersebut.

Sum sendiri dibekap dan dimasukkan ke dalam mobil sehingga bisa diperkosa ramai-ramai oleh pelakunya. Pada saat dikembalikan, Sum hanya digeletakkan di pinggir jalan saja, beberapa kali Sum sudah melaporkan ke pihak kepolisian hingga akhirnya tidak dapat diteruskan karena dianggap sebagai laporan palsu dan mengada-ada.

Namun akhirnya seorang penjual bakso bernama Trimo dijadikan sebagai kambing hitam namun dia tolak mentah-mentah. Bahkan menurut cerita Trimo sering sekali dianiaya dan dilukai lantaran tidak mau mengaku sebagai pemerkosa Sum.

Pernah kasus ini sampai merambah sangat besar hingga akhirnya presiden membentuk tim khusus untuk menyelidiki kasus tersebut. Namun sampai sekarang pun masih belum jelas adanya pelaku tersebut.

Beberapa kasus tersebut memang masih menjadi misteri sampai saat ini. Beberapa memang terlibat karena terlalu kritis dalam penegakan HAM. Tidak hanya kasus pembunuhan aktivis HAM Munir saja namun juga masih banyak kasus lain yang belum terungkap atau dibuka kembali.

Leave a Comment