3 Software Animasi 3D Arsitektur Terbaik

In Teknologi by Jimmy ChandraLeave a Comment

 

Di jaman sekarang ini, segala bentuk pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan teknologi termasuk dalam mendesain. Kecanggihan dalam dunia arsitektur menghadapkan manusia pada software animasi 3d arsitektur terbaik yang dapat membantu seorang arsitek untuk menyelesaikan pekerjaannya. Bagi Anda mahasiswa yang bergerak dalam bidang pembangunan sepeti ini, pasti tidak asing dengan software 3D arsitektur. Sebab software ini memang memiliki peranan yang sangat penting untuk seorang arsitek dapat menghasilkan karyanya. Penasaran dengan software apa saja yang paling banyak digunakan? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

3 Software Animasi 3D Arsitektur Terbaik yang Paling Banyak Digunakan

1 ) ArchiCAD

Software animasi 3d arsitektur yang paling banyak digunakan pertama adalah ArchiCAD. Dilihat dari namanya, bisa ditebak bahwa software tersebut merupakan software CAD yang memang diperuntukkan untuk bidang arsitektur. Hal tersebut dikarenakan semua tools atau perintah yang ada pada ArchiCAD merupakan elemen-elemen penting dalam pembuatan bangunan, seperti dinding, atap, kolom, plat dan balok. Bagi seorang yang masih pemula, ArchiCAD adalah pilihan terbaik. Pasalnya software ini lebih mudah digunakan dibandingkan dengan software CAD umum dalam perancangan arsitektur.

Software animasi 3d arsitektur

Jadi, apabila Anda berencana untuk merancang atau menggambar rumah maka menggunakan ArchiCAD adalah pilihan terbaik. Menggunakan software CAD pada umumnya, Anda harus membangun dari nol setiap obyek dibuat. Meskipun dapat menggunakan fitur library, Anda akan tetap kesulitan saat ingin melakukan customized object. Nah, ArchiCAD memberikan solusi terbaik karena dilengkapi dengan fitur library yang memiliki interior serta komponen-komponen bangunan berbasis parametric object. Adanya basis ini tentu saja akan membuat Anda lebih mudah mengubah detail ukuran komponen bangunan sesuai dengan yang dibutuhkan. Tak hanya itu, konsep obyek yang bisa dilakukan parameter ini juga bermanfaat ketika Anda ingin melakukan modifikasi desain seperti mengubah ukuran pintu yang telah terpasang, menggeser jendela dan lain sebagainya tanpa mengubah ukuran daerah sekitarnya.

2 ) 3D Studio Max

Software animasi 3d arsitektur terbaik selanjutnya adalah 3D Studio Max. Software yang juga dikenal dengan nama 3D Max ini adalah suatu software yang sangat berguna dalam pembuatan animasi dan grafik vektor lebih dari 2 dimensi. Banyak para desain grafis yang menggunakan software ini untuk membuat berbagai karya terbaik, termasuk dalam dunia perfilman. Pernah melihat film X-Men? Film tersebut merupakan salah satu karya yang dihasilkan dari software ini.

Software animasi 3d arsitektur 2

3D Max begitu populer di kalangan desainer sebab mampu menghasilkan gambar yang terlihat sangat realistis dan bagus dengan bayangan serta pencahayaan yang akurat. Tak hanya menghasilkan gambar, software ini juga sering digunakan untuk arsitektur rumah, pembuatan film animasi, membuat logo dan lain sebagainya. Untuk dapat menjalankan software ini, Anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi agar dalam pengerjaan tidak hang atau not responding. Sebab ada banyak sekali proses desain dan rendering yang membutuhkan grafik sangat tinggi.

3 ) AutoCAD

Software animasi 3d arsitektur 3

Software animasi 3d arsitektur yang paling banyak digunakan ketiga adalah AutoCAD. Ya, hampir semua desainer interior dan arsitek pasti mengenal aplikasi yang satu ini. Karena memang AutoCAD adalah aplikasi wajib yang harus dikuasai oleh semua profesi arsitek.  AutoCAD merupakan sebuah aplikasi  CAD atau computer aided design yang digunakan untuk menggambar model bangunan dalam bentuk 2D dan juga 3D. Gambar model yang dibentuk dengan program autocad sendiri bisa diubah bentuknya untuk berbagai keperluan grafik melalui berbagai format, diantaranya adalah IGES, DXF, dan SLD.

Demikian ulasan terkait 3 software animasi 3d arsitektur terbaik dan paling banyak digunakan. Semoga tulisan ini menambah wawasan Anda yang bergerak di bidang desain maupun arsitektur.

Leave a Comment