10 fakta unik tentang bumi yang belum diketahui banyak orang

In Pengetahuan, Unik by Jimmy ChandraLeave a Comment

10 fakta unik tentang bumi yang belum diketahui banyak orang. Manusia memang telah menempati bumi selama ribuan tahun, namun faktanya masih ada banyak teka-teki yang belum terpecahkan tentang planet ketiga dalam tata surya ini. Bahkan, sampai saat ini para ilmuwan belum bisa menemukan planet dengan sumber daya yang mampu menunjang kehidupan layaknya bumi.

Bumi juga menjadi rumah bagi 7,3 milyar manusia dengan segala potensi sumber daya alamnya. Padahal, setiap harinya, ada jutaan meteor yang menghujani atmosfer bumi. Bayangkan, jika planet kita tidak memiliki ‘benteng’ pertahanan diri, makhluk hidup yang tinggal di bumi tentu akan binasa dalam sekejap.

Tak hanya itu juga, ternyata masih ada banyak fakta lain yang mungkin belum banyak diketahui orang. Apa saja itu?
berikut adalah:

10 FAKTA UNIK TENTANG BUMI YANG BELUM DIKETAHUI BANYAK ORANG

1.Saat musim panas tiba, di beberapa tempat di Kutub Utara dan Selatan, matahari terbit selama 24 jam penuh. Fenomena menakjubkan ini disebut ‘midnight sun’.

Midnight-sun

Midight Sun

2.Ilmuwan memperkirakan sejauh ini bumi pernah dihuni manusia sebanyak 100 sampai 115 miliar jiwa. Sedangkan jumlah manusia saat ini mencapai 7,3 miliar populasi, sepertiganya dari China dan India.

orang-orang

Peoples

3.Bumi adalah satu-satunya planet dalam tata surya yang tidak dinamai berdasarkan nama dewa Romawi kuno seperti halnya planet-planet lainnya.

Nama-nama planet

Nama-nama planet

4.Setiap harinya, ada sekitar 100 tons meteoroid mikro berukuran debu memasuki atmosfer bumi.

Atmosfer bumi

Atmosfer bumi

5.Meski 70% permukaan bumi merupakan perairan, manusia sejauh ini masih mengeksplorasi sekitar 5%-nya saja.

Perairan bumi

Perairan bumi

6.Para ilmuwan percaya bumi dulunya memiliki 2 satelit alam. ‘Kembaran’ itu bulan diperkirakan bertahan hanya beberapa juta tahun sebelum bertabrakan dengan bulan sehingga menyisakan satu satelit.

Satelit Bumi

Satelit Bumi

7.Saat ini bumi memang menjadi rumah bagi 14 juta spesies hidup berbeda. Namun menurut ilmuwan, diperkirakan lebih dari 99% spesies tersebut sudah punah.

Spesies Punah

Spesies Punah

8.Temperatur tertinggi di bumi yang pernah tercatat yaitu 56,7 C di Furnace Creek Ranch, Death Valley, California in 1913. Sedangkan temperatur terendah yaitu -89,2 C di Vostok Station, Antarctica in 1983.

vostok station

vostok station

9.Gurun Atacama yang terletak di Amerika Selatan ini disebut-sebut sebagai tempat paling kering sedunia. Menurut laporan, di gurun ini tidak pernah turun hujan.

Gurun Atacama

Gurun Atacama

10.Fakta unik tentang bmi yang terakhir adalah meskipun planet kita terlihat begitu besar, bumi sebenarnya 1,3 juta kali lebih kecil ketimbang matahari. Bisa dibayangkan, berapa ukuran bumi dibandingkan dengan jagat raya.

Illustrasi Matahari dan Bumi

Illustrasi Matahari dan Bumi

Leave a Comment